Saluran Edukasi
Terdapat jaringan penyusun tulang daun yang merupakan jaringan pengangkut. Berilah tanda centang

Terdapat jaringan penyusun tulang daun yang merupakan jaringan pengangkut. Berilah tanda centang

Perhatikan teks dan gambar berikut.

Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang fungsi utamanya menangkap cahaya matahari. Daun juga mengisap karbon dioksida yang digunakan untuk fotosintesis sehingga menghasilkan energi kimia berupa karbohidrat atau zat tepung. Organ daun tersusun dari beberapa jaringan, seperti epidermis atas dan epidermis bawah yang mempunyai peranan melindungi daun, jaringan palisade atau jaringan tiang yang kaya akan kloroplas yang di dalamnya terdapat klorofil sebagai molekul yang berperan pada fotosintesis. jaringan spons yang banyak rongga untuk menyimpan udara, kutikula yang merupakan lapisan atas epidermis, stomata sebagai lubang keluar masuknya udara, serta xilem dan floem sebagai jaringan pengangkut membentuk tulang daun.

Terdapat jaringan penyusun tulang daun yang merupakan jaringan pengangkut. Berilah tanda centang () pada jaringan pengangkut, baik hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan maupun air dan mineral tanah ke daun.

  • Floem
  • Sklerenkim
  • Xilem
  • Parenkim

Jawab:

✔ Floem

✔ Xilem

Penjelasan:

Jaringan yang menyusun tulang daun adalah jaringan pengangkut dan penguat. Jaringan pengangkut terdiri dari xilem dan floem. Jaringan penguat terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. Jaringan pengangkut xilem berfungsi mengangkut cairan menuju daun yang berasal dari akar maupun bagian lain dari tumbuhan. Sedangkan, jaringan pengangkut floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan zat-zat lain dari daun menuju bagian-bagian tumbuhan yang lain.

Artikel Rekomendasi