Saluran Edukasi
Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dan digunakan

Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dan digunakan

Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dan digunakan sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dengan harapan masyarakat. Berikut ini yang menunjukkan urutan norma dari yang berkekuatan paling lemah ke yang paling kuat adalah ....

   A. cara-kebiasaan-tata kelakuan- adat istiadat 

   B. kebiasaan-tata kelakuan-adat istiadat-cara

   C. tata kelakuan-cara-kebiasaan- adat istiadat

   D. adat istiadat-cara-kebiasaan- tata kelakuan

Pembahasan:

Urutan norma dari yang berkekuatan paling lemah ke yang paling kuat adalah sebagai berikut:

  1. Cara (manner) - Merujuk pada perilaku atau tingkah laku tertentu yang dianggap sopan atau pantas dalam situasi tertentu, tetapi tidak memiliki sanksi hukum atau sosial yang kuat jika dilanggar.
  2. Kebiasaan (custom) - Merujuk pada praktik-praktik atau tradisi-tradisi yang dilakukan secara rutin oleh sebagian besar masyarakat, tetapi tidak diatur secara formal dan umumnya dihormati karena telah menjadi kebiasaan.
  3. Tata Kelakuan (convention) - Merujuk pada norma-norma sosial yang telah diakui dan diikuti oleh mayoritas masyarakat sebagai panduan perilaku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
  4. Adat Istiadat (customary law) - Merujuk pada norma-norma yang bersifat hukum dan memiliki sanksi yang lebih kuat, biasanya terkait dengan kehidupan sosial, hukum warisan, dan struktur sosial suatu kelompok masyarakat.

Jawaban: A

Artikel Rekomendasi